Peran inovasi (RT ISTIMEWA) dalam penurunan AKI AKB Dinkes Kerinci

WhatsApp Image 2022-08-30 at 08.20.14 (1)

  1. Percepatan Penurunan Stunting dan Penurunan Angka Kematian Ibu ( AKI ) dan Angka Kematian Bayi (AKB) masih menjadi prioritas program kesehatan
  2. Prevalensi stunting di Kabupaten Kerinci mengalami penurunan dari 33.5% pada tahun 2019 menjadi 26,7% pada tahun2021, walaupun terjadi penurunan tetapi masih berada diatas target nasional yaitu 14% pada tahun 2024.
  3. Berdasarkan hal tersebut diatas maka Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci membentuk  inovasi RT ISTIMEWA
  4. Tujuan RT ISTIMEWA
    1. Umum
      Memampukan Rukun Tetangga dalam melakukan tindakan bersama sebagai suatu kesatuan yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan ditingkat RT, desa, maupun pihak lain untuk mendorong partisipasi dan mendayagunakan kemampuan masyarakat untuk ikut serta mencegah dan menangani stunting di desa.
    2. Khusus
      1. Terwujudnya kesiapsiagaan dini di masyarakat pada setiap kemungkinan terjadinya masalah kesehatan yang akan mengancam kesehatan wanita, anak dan remaja putri dilingkup wilayah RT.
      2. Terciptanya sebuah sistem kewaspadaan dini dari masyarakat dalam lingkup terkecil yaitu rukun tetangga.
      3. Terdokumentasinya sasaran yang terjaring oleh kader RT istimewa untuk ditindaklanjuti oleh stakeholder
  1. Peran masyarakat dalam percepatan penanggulangan stunting dan penurunan AKI dan AKB, maka kami merasa penting untuk membuat suatu inovasi perecepatan penanggulangan Stunting dan penurunan AKI dan AKB di Kabupaten Kerinci bersinergi dengan masyarakat itu sendiri dalam menemukan serta mengatasi masalah kesehatan yang terjadi di desa mereka sendiri. (Mela)

Lokasi Kantor

Aplikasi Internal

Membuat Link Pengertian HTML Pengertian HTML Pengertian HTML Pengertian HTML Pengertian HTML Pengertian HTML Pengertian HTML Pengertian HTML

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda tentang pelayanan kesehatan di kabupaten kerinci saat ini ?

View Results

Loading ... Loading ...

Layanan masyarakat

Membuat Link

Saran Pengembangan Website

Please enter your name.
Please enter a message.